Interoperabilitas data kesehatan

Post

Mengenal Interoperabilitas Bagi Pelayanan Kesehatan

Transformasi digital di bidang kesehatan adalah perubahan fundamental dalam penggunaan teknologi informasi dan komunikasi. Tujuannya untuk meningkatkan efisiensi, aksesibilitas, dan mutu layanan kesehatan. Interoperabilitas, atau kemampuan sistem informasi kesehatan untuk berkomunikasi dan berbagi data medis dengan mudah, menjadi faktor kunci dalam perubahan ini.

  • Wardah

Wardah

ICD-10 klasifikasi Internasional penyakit

Post

Mengenal ICD-10 dan Manfaatnya dalam Dunia Kesehatan

ICD-10, dengan kode alfanumerik uniknya, adalah fondasi universal yang mendukung perawatan pasien yang lebih baik, analisis epidemiologi yang mendalam, dan kebijakan kesehatan yang kuat di seluruh dunia. Transisi ke ICD-11 menjanjikan perbaikan lebih lanjut dalam manajemen data kesehatan, membawa dunia kesehatan ke era yang lebih terstandar dan terhubung.

  • Wardah

Wardah

e-rekam medis

Post

E-Rekam Medis Solusi Canggih Pengelolaan Data Kesehatan

Dalam era digital seperti saat ini, aplikasi teknologi semakin menguasai hampir semua aspek kehidupan manusia, termasuk dalam dunia kesehatan. Salah satu inovasi teknologi yang cukup canggih dalam bidang kesehatan adalah aplikasi E-Rekam Medis. Aplikasi ini membantu pengelolaan data kesehatan pasien secara elektronik, sehingga dapat memudahkan pihak rumah sakit, klinik, atau dokter dalam memantau riwayat kesehatan pasien.

  • Wardah

Wardah

Rekam Medis Elektronik

Post

Pengertian dan Sejarah Perkembangan Rekam Medis

Rekam medis meliputi proses pencatatan ketika pasien mendapatkan pelayanan medis, penyelenggaraan, penyimpanan, hingga proses menggunakan kembali data yang sudah ada untuk keperluan pencatatan pasien di masa mendatang atau keperluan lainnya. Rekam medis terus mengalami perkembangan dan melalui sejarah begitu panjang hingga menjadi sistem elektronik.

  • Wardah

Wardah

Manajemen Klinik

Post

6 Tips Sukses Meningkatkan Pendapatan Klinik

Anda memiliki sebuah klinik dan merasa kebingungan bagaimana meningkatkan pendapatan? Menjalankan bisnis klinik memang bukan tugas yang mudah, karena Anda harus menghadapi berbagai tantangan dan hambatan. Namun, dengan menerapkan manajemen klinik yang efektif, Anda dapat meningkatkan pendapatan klinik Anda, sehingga kelangsungan dan perkembangan bisnis dapat terjaga.

  • Wardah

Wardah

Sistem_informasi_manajemen_rumah_sakit

Post

Implementasi Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit (SIMRS)

Pentingnya mengukur ROI dari penerapan Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit (SIMRS) sebagai investasi berharga bagi lembaga kesehatan. Dengan begitu dapat memberikan manfaat finansial maupun non-finansial, sehingga pengukuran ROI menjadi kunci dalam menilai keuntungannya dalam pengelolaan rumah sakit modern.

  • Wardah

Wardah

Menigkatkan_pelayan_klinik_melalui_ulasan

Post

Meningkatkan Reputasi Klinik dengan Ulasan Pasien

Reputasi pelayanan klinik adalah kunci utama untuk meningkatkan kunjungan pasien dan mengenalkan klinik Anda. Namun, di era digital saat ini, ulasan pasien menjadi faktor penentu bagi pasien untuk memilih penyedia layanan kesehatan. Oleh karena itu, mengelola ulasan dan memastikan pengalaman pasien yang positif adalah investasi penting untuk pertumbuhan klinik Anda.

  • Wardah

Wardah

permenkes wajibkan rekam medis elektronik

Post

Permenkes No. 24 2022: Faskes Wajib Rekam Medis Elektronik

Saat ini, fasilitas kesehatan mulai diwajibkan untuk menggunakan rekam medis elektronik. Sebagaimana diatur khusus melalui regulasi pemerintah di bawah Kementerian Kesehatan, yaitu Permenkes No. 24 Tahun 2022 tentang Rekam Medis.

  • Wardah

Wardah

Polusi Udara di Jakarta

Post

Polusi Udara: Ancaman dan Peran Teknologi bagi Fasyankes

Polusi udara di DKI Jakarta berstatus tidak sehat sehingga berdampak buruk bagi kesehatan yang serius, termasuk gangguan pernapasan, penyakit kardiovaskular, risiko stroke, gangguan pada sistem saraf, dan peningkatan risiko kanker paru-paru. Peran fasyankes sangat dibutuhkan untuk menanggulangi permasalahan ini. Dengan memanfaatkan teknologi fasyankes dapat lebih optimal dan efisien memberikan pelayanan bagi masyarakat.

  • Wardah

Wardah