ASRI (Aplikasi Sistem Rekam Medis Elektronik Indonesia) adalah aplikasi Rekam medis elektronik gratis yang disediakan oleh pemerintah khusus bagi Tempat Praktik Mandiri Dokter (TPMD) dan Tempat Praktik Mandiri Dokter GIGI (TPMDG) agar dapat terintegrasi dengan SatuSehat Platform. Berikut ini proses pendaftaran ASRI :

  1. Memiliki Kode Fasyankes

    Pastikan Anda sudah terdaftar di registrasifasyankes.kemkes.go.id dan memiliki kode fasyankes. Jika Belum, lakukan pendaftaran terlebih dahulu. Cara mendaftar di regfasyankes.

  2. Login ke Registrastifasyankes

    Jika sudah memiliki kode fasyankes, selanjutnya login melalui https://registrasifasyankes.kemkes.go.id/, dengan memasukkan email dan password.

  3. Melengkapi Profil

    Setelah berhasil login. Klik pada menu ‘Registrasi Praktik Mandiri’ untuk melengkapi profil.

    Lengkapi semua data profil mulai dari ‘registrasi’, ‘Alkes’, ‘Obat’ dan ‘Dokumentasi’. Data ini dibutuhkan untuk pembuatan akun pada Aplikasi ASRI.

  4. Verifikasi Data

    Jika data semua data sudah terisi, klik pada tap ‘Print QR’ untuk proses verifikasi. Jika Anda sudah yakin data yang dimasukkan sudah benar klik ‘Kirim’.

    Data yang Anda dikirim akan divalidasi. Jika data Anda sudah berhasil teregistrasi maka akan muncul tab baru yaitu ‘List SDM’, ‘RME’, dan ‘SatuSehat’.

  5. Mengisi List SDM

    Isi NIK dokter dan nakes yang melakukan praktik di TPMD atau TPMDG. Kemudian update email masing-masing. Email ini akan digunakan untuk mengirimkan user login ASRI.

  6. Update RME

    Isi 3 pertanyaan yang ada seperti gambar berikut. Selanjutnya akan muncul link pendaftaran ASRI dan klik link tersebut.

  7. Mengisi Form Pendaftaran ASRI

    Setelah klik link pendaftaran Anda akan diarahkan untuk mengisi form pengajuan pendaftaran Aplikasi ASRI. Sebelum itu pastikan baca semua syarat dan ketentuan pemakaian Aplikasi ASRI. Jika Sudah lanjutkan untuk mengisi form dan klik kirim. Proses ini memerlukan waktu kurang lebih 3 hari untuk memverifikasi data Anda.

  8. Update kembali RME

    Setelah Anda menunggu selama 3 hari, Anda dapat kembali ke halaman RME untuk melakukan update “Apakah sudah memiliki RME?” yang semula ‘Tidak’ menjadi ‘Ya’. Kemudian akan muncul permohonan kode API yang digunakan untuk menghubungkan dengan SatuSehat. Sebelum melakukan submit, pastikan Anda sudah membaca syarat dan ketentuannya dan centang pada kolom persetujuan. Jika Anda belum berhasil mengirim data, ulangi di hari yang berbeda.

  9. Memperoleh Akun ASRI dan SATUSEHAT

    Setelah melakukan submit data, Anda akan memperoleh 2 akun sekaligus yaitu, Akun aplikasi ASRI dan akun SATUSEHAT Platform yang akan dikirimkan melalui email masing-masing yang telah di update pada langkah 5 (lima). Proses ini memerlukan waktu 3 hari. Silahkan cek secara berkala email Anda.

eHealth.co.id membantu fasyankes dapat terhubung dengan SATUSEHAT Platform secara mudah dan cepat. Coba Gratis RME eHealth.co.id, Hubungi :