Pendahuluan

Aplikasi Data Fasyankes Online (DFO) adalah solusi integrasi untuk memudahkan fasilitas pelayanan kesehatan (fasyankes) dalam melakukan pembaruan data secara fleksibel. DFO menggabungkan berbagai aplikasi yang digunakan oleh fasyankes, termasuk data dari aplikasi lain yang sudah terintegrasi di lingkungan Kementerian Kesehatan.

Pengguna DFO adalah semua fasyankes yang sudah terdaftar di Ditjen Pelayanan Kesehatan, seperti rumah sakit, klinik, praktik mandiri, laboratorium, unit transfusi darah, dan puskesmas. Registrasi fasyankes sesuai dengan Surat Edaran Direktur Jenderal Pelayanan Kesehatan.

Setelah melakukan pembaruan, laporan Data Fasyankes Online akan dipublikasikan di portal website resmi Ditjen Pelayanan Kesehatan, termasuk data profil fasyankes, SDM, pelayanan yang tersedia, dan posisi fasyankes dalam Google Maps.

Aplikasi Data Fasyankes Online berbasis web dapat diakses melalui browser dengan alamat https://dfo.kemkes.go.id.

Tujuan Data Fasyankes Online (DFO)

Pengembangan aplikasi Data Fasyankes Online memiliki beberapa tujuan utama, yaitu:

  1. Membuat proses update data dan laporan pelayanan kesehatan lebih mudah bagi pengguna dari fasilitas pelayanan kesehatan (fasyankes).
  2. Memberikan kemampuan monitoring dan evaluasi oleh Kementerian Kesehatan dan Dinas Kesehatan yang bersumber dari satu aplikasi.
  3. Menyediakan informasi publik yang bermanfaat bagi masyarakat untuk mengetahui fasyankes yang tersedia di wilayahnya, yang dapat diakses melalui website Ditjen Yankes yankes.kemkes.go.id.
  4. Setelah melakukan update data, fasyankes akan mendapatkan kode fasyankes baru sesuai dengan Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor HK.01.07/MENKES/223/2022 tentang Standar Kode Referensi Fasilitas Pelayanan Kesehatan.
  5. Kode fasyankes tersebut dapat digunakan oleh aplikasi lain baik di lingkungan Kementerian Kesehatan maupun di luar Kementerian Kesehatan untuk memudahkan integrasi dengan data yang berasal dari Data Fasyankes Online.

Alur Proses Data Fasyankes Online

Registrasi Fasyankes:

  1. Proses pendaftaran fasyankes.
  2. Validasi pendaftaran oleh Dinas Kesehatan.
  3. Pemberian kode registrasi fasyankes.
  4. Pengguna tidak dapat melakukan pembaruan setelah mendapatkan kode.

Data Fasyankes Online:

  1. Digunakan untuk pembaruan data dan laporan sesuai dengan jadwal yang ditentukan.
  2. Menghasilkan kode fasyankes sesuai dengan Keputusan Menteri Kesehatan (KMK) Nomor 223 tahun 2022.
  3. Pengguna dapat mengakses sertifikat elektronik kode fasyankes setelah melakukan pembaruan.

Portal Ditjen Yankes:

  1. Menyediakan informasi data fasyankes untuk masyarakat.
  2. Dashboard.
  3. Presensi laporan.

Login Aplikasi

Ketentuan pengguna atau user aplikasi Data Fasilitas Pelayanan Kesehatan adalah sebagai berikut:

  1. Kategori pengguna yang dapat menggunakan aplikasi DFO adalah fasyankes, Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota, Dinas Kesehatan Provinsi, dan Kementerian Kesehatan yang sudah terdaftar dalam aplikasi Registrasi Fasyankes Online.
  2. Kategori fasyankes yang dapat menggunakan aplikasi DFO meliputi:
    a. RS
    b. Klinik
    c. Praktik Mandiri (Dokter, Dokter Gigi, Bidan, Perawat)
    d. Laboratorium Kesehatan
    e. UTD
  3. Pengguna fasyankes adalah pengguna yang telah menyelesaikan proses pendaftaran dalam aplikasi Registrasi Fasyankes Online dan telah mendapatkan kode fasyankes.
  4. Pengguna Dinas Kesehatan adalah pengguna yang telah terdaftar dalam aplikasi Registrasi Fasyankes Online.
  5. Login aplikasi DFO menggunakan username dan password yang sama dengan yang digunakan dalam aplikasi Registrasi Fasyankes Online. Misalnya, jika login aplikasi Registrasi Fasyankes Online menggunakan username abc@domain.com dan password 12345, maka login aplikasi DFO juga menggunakan username abc@domain.com dan password 12345.

Langkah-langkah Login ke dalam aplikasi Data Fasyankes Online

Berikut ini adalah langkah-langkah untuk dapat login ke dalam aplikasi DFO:

  1. Aplikasi Data Fasyankes Online (DFO) dapat diakses melalui web browser PC, laptop, atau smartphone dengan alamat https://dfo.kemkes.go.id.

Aplikasi Data Fasyankes Online (DFO)

  1. Login sesuai dengan kategori fasyankes:
    a. Login untuk RS: digunakan oleh RS dan Dinas Kesehatan.
    b. Login untuk Fasyankes lainnya: digunakan oleh Klinik, Praktik Mandiri, Laboratorium Kesehatan, UTD, dan Puskesmas.
  2. Tampilan halaman menu “Login Fasyankes Lainnya” untuk kategori Klinik, Praktik Mandiri, Laboratorium Kesehatan, UTD, dan Puskesmas

Login Data Fasyankes Online (DFO)

  1. Jika fasyankes belum terdaftar dan belum memiliki Username dan Password, klik tombol berwarna Hijau untuk mendaftar User Puskesmas, atau klik tombol berwarna Jingga untuk mendaftar User Klinik, Laboratorium, Praktik Mandiri, dan UTD. Petunjuk teknis alur pendaftaran masing-masing fasyankes klik tombol berwarna Biru.
  2. Selanjutnya isi semua data yang dibutuhkan dan jangan lupa cek kembali. Jika data sudah sesuai klik ‘submit’. Cek Data Fasyankes Online (DFO)
  3. Jika pendaftaran sukses, akan ada pemberitahuan untuk melakukan validasi yang akan dikirim ke email Anda. Validasi Data Fasyankes Online (DFO)
  4. Tampilan halaman menu “Login RS” untuk kategori fasyankes RS.

Daftar Data Fasyankes Online (DFO)

  1. Untuk melakukan pembaruan data fasyankes, ikuti panduan penggunaan aplikasi sesuai dengan kategori pengguna fasyankes atau sebagai Dinas Kesehatan.

Cek Status Pendaftaran DFO

Status pendaftaran DFO dapat dilihat melalui website SATUSEHAT Kemkes https://satusehat.kemkes.go.id/data/dashboard/3678097d-d11e-4b2c-8552-310d782a905b

Status Pendaftaran Data Fasyankes Online (DFO)

  1. Klik tombol “filter Data”

Filter Data Fasyankes Online (DFO)

  1. Kemudian pilih provinsi, Kota/kabupaten, Jenis Sarana, Status, Kepemilikan, Nama Fasyankes dan Jenis Modul. Kemudian Klik Submit

    Isi Data Fasyankes Online (DFO)

  2. Kemudian lihat pada Tabel Tahapan Fasyankes. Terdapat 3 kolom yang menjelaskan tahapan mulai dari Terdaftar di DFO, Terintegrasi dan Terkoneksi. Kolom bewarna hijau artinya tahap tersebut sudah selesai dan kolom berwarna merah artinya tahapan belum diselesaikan.

    Status Data Fasyankes Online (DFO)

Perlu diketahui bahwa data pada portal SATUSEHAT diperbaharui secara berkala. Jika data Anda belum diperbaharui atau ada ketidaksesuaian data. Anda bisa menghubungi Kemenkes melalui nomor WhatsApp berikut 0811-8858-593 atau email ke helpdesk@kemkes.go.id

eHealth.co.id membantu fasyankes dapat terhubung dengan SATUSEHAT secara mudah cepat. Untuk informasi lebih lanjut, Anda bisa menghubungi kami di:

Website: https://ehealth.co.id/

Whatsapp: +62 21 50858844

Email: info@ehealth.co.id