Pendahuluan

SATUSEHAT adalah ekosistem digital kesehatan nasional untuk memudahkan masyarakat mengakses data kesehatan dan mengelola kesehatan pribadi secara mandiri. SATUSEHAT Platform memiliki manfaat bagi fasilitas kesehatan dan masyarakat umum untuk dapat berobat dimanapun.

Sejalan dengan program ini, kemenkes mewajibkan seluruh fasilitas pelayanan kesehatan terintegrasi dengan SATUSEHAT Platform melalui regulasi yang telah ditetapkan dan penerapan sanksi bagi fasyankes yang tidak mematuhi peraturan. Untuk dapat terhubung dengan SSP.

Langkah-langkah yang perlu Anda lakukan.

1. Memiliki Kode Fasyankes
Langkah pertama, pastikan Anda sudah memiliki kode faskes. Jika belum melakukan pendaftaran melalui https://registrasifasyankes.kemkes.go.id/. Panduan lengkap registrasi fasyankes.

2. Login Ke dalam Sistem
a. Untuk praktik mandiri login ke https://registrasifasyankes.kemkes.go.id/
b. Untuk klinik, puskesmas, lab dan UTD login ke https://dfo.kemkes.go.oi/login

3. Update Email Institusi
Untuk mendapatkan kode API production diperlukan update email institusi. Pilih pada kolom “Email Institusi” untuk melakukan update. Pastikan untuk menggunakan email resmi institusi dan bukan email pribadi.

4. Update RME
Selanjutnya masuk ke Menu “RME” untuk mendapatkan akses kode API untuk kebutuhan integrasi sistem Rekam Medis Elektronik dengan SATUSEHAT Platform . Isi kolom sesuai dengan contoh berikut :

a. Praktik Mandiri

b. Klinik, Puskesmas, Lab, UTD

Anda bisa memilik eHealth.co.id sebagai vendor penyedia RME yang sudah terintegrasi SATUSEHAT dan terdaftar di PSE (Penyelenggara Sistem Elektronik).

5. SATUSEHAT ID Fasyankes
Setelah melakukan update RME, fasyankes akan menerima SATUSEHAT ID dalam waktu 1-3 hari sejak submit data RME. Silahkan cek secara berkala pada menu “Satu Sehat ID” atau “Data Satu Sehat ID”. Jika dalam kurun waktu tersebut belum ada pemberitahuan silahkan dapat kontak melalui email helpdesk@kemkes.go.id.

6. Membuat Akun SATUSEHAT Platform
Buat akun SATUSEHAT melalui https://satusehat.kemkes.go.id/platform. Klik “Daftar sekarang” kemudian klik “Buat akun”. Kemudian buat akun menggunakan email institusi yang sudah di update di DFO atau registrasifasyankes.

7. Update Kata Sandi
Selanjutnya Anda akan mendapatkan email aktivasi. Buat kata sandi baru untuk akun SATUSEHAT Platform.

_Email_ Buat Kata Sandi

Sumber Gambar : Buat Kata Sandi Baru | SATUSEHAT Platform (kemkes.go.id)

8. Login ke SATUSEHAT Platform
Setelah berhasil membuat kata sandi baru, selanjutnya login melalui [https:/satusehat.kemkes.go.id/platforw.welcome]https://satusehat.kemkes.go.id/platform/welcome kemudian klik tombol “Masuk”

9. Mendapatkan Kode API Production
Untuk mendapatkan kode API Production, klik menu “Akses Kode API”. Selanjutnya Anda dapat memberikan kode API kepada vendor penyedia RME (eHealth.co.id).

Sumber Gambar : Login | SATUSEHAT Platform (kemkes.go.id)

eHealth.co.id membantu fasyankes dapat terhubung dengan SATUSEHAT Platform secara mudah dan cepat. Jika Anda mengalami kendala dalam integrasi SSP, Anda bisa menghubungi kami di :

Website : https://ehealth.co.id

Whatsapp : +62 21 50858844

Email : info@ehealth.co.id