Pendahuluan

Sertifikat Tanda Registrasi (STR) adalah dokumen penting bagi para profesional di berbagai bidang. Bagi sebagian orang, proses mendapatkan STR bisa menjadi tantangan tersendiri. Namun, dengan diberlakukannya UU kesehatan No. 17 tahun 2023, STR kini berlaku seumur hidup, tidak perlu lagi diperbaharui lagi setiap lima tahun. Dengan kemajuan teknologi, ada cara yang lebih mudah dan efisien untuk mendapatkan STR seumur hidup, yaitu melalui platform SATUSEHAT SDMK.

Apa Itu SATUSEHAT SDMK?

SATUSEHAT SDMK adalah platform online yang diluncurkan oleh kementerian kesehatan sebagai portal untuk Sumber Daya Manusia Kesehatan di Indonesia yang terpusat dan terintegrasi.

SATUSEHAT SDMK portal menyediakan layanan penerbitan STR maupun perpanjangan STR seumur hidup bagi tenaga medis dan tenaga kesehatan di seluruh Indonesia. Dengan SATUSEHAT, proses pengajuan STR menjadi lebih cepat dan efektif. Platform ini memanfaatkan teknologi canggih untuk memudahkan para profesional dalam mendapatkan STR seumur hidup tanpa harus melewati proses yang rumit.

Registrasi penerbitan STR baru mulai berlaku sejak tanggal 11 Oktober 2023. Selain itu tenaga medis dan tenaga kesehatan bisa membuat dan mengupdate data profil. Kemudian untuk perpanjangan STR seumur hidup mulai berlaku sejak 16 Oktober 2023. Saat ini SATUSEHAT sudah bisa digunakan untuk pengajuan STR baru maupun memperpanjang STR seumur hidup.

Langkah-langkah Dapatkan STR Seumur Hidup

Berikut adalah langkah-langkah mudah untuk mendapatkan STR seumur hidup melalui SATUSEHAT SDMK :

1. Membuat Akun

1.1 Pertama buka SATUSEHAT SDMK melalui https://satusehat.kemkes.go.id/sdmk. Jika belum memiliki akun SATUSEHAT, lakukan registrasi terlebih dahulu dengan cara klik “Daftar Sekarang”.

1.2 Jika sudah memiliki akun SATUSEHAT, klik tombol “Masuk”, dan lanjutkan ke langkah 1.5.

1.3 Selanjutnya pengguna baru yang belum memiliki akun akan diarahkan ke halaman Daftar Akun. Lengkapi semua data yang dibutuhkan untuk membuat akun. Jika semua sudah terisi jangan lupa cek kembali untuk memastikan data yang dimasukkan benar dan klik “Daftar”

1.4 Selanjutnya aktivasi akun melalui email yang dikirimkan setelah pendaftaran. klik tombol “Aktivasi Akun” yang terdapat pada email. Setelah aktivasi, kembali ke SATUSEHAT SDMK, kemudian klik “Masuk”.

1.5 Ketikkan email dan kata sandi yang sudah terdaftar, kemudian klik “Masuk”

2. Lengkapi Data Profil

Setelah berhasil login, pada menu “Beranda” cari data Anda di SATUSEHAT SDMK. Caranya dengan melengkapi informasi yang diminta seperti tempat lahir, jenis profesi, kepemilikan STR dan input nomor STR jika Anda memiliki STR. Kemudian klik “Cari”.

Apabila profil tidak ditemukan, buat profil baru. Lengkapi data diri sesuai dengan KTP dan tempat tinggal saat ini. Jika data diri sudah lengkap, selanjutnya cari data Anda kembali. Lengkapi data pendukung seperti NPWP, nama bank, nomor rekening, nama pemilik rekening, BPJS kesehatan/KIS/Askes dan BPJS ketenagakerjaan.

3. Pengajuan STR Seumur Hidup

Jika STR akan atau sudah kadaluarsa, ajukan permohonan perpanjangan melalui SATUSEHAT SDMK. Masuk ke menu “Pengajuan STR”. Periksa kelengkapan data dan kesesuaian data profil dengan Klik "Cek Data”. Selanjutnya pastikan bahwa data pribadi, data pendukung serta verifikasi dari konsul kesehatan (KKI/KTKI) sudah lengkap dan valid. Centang persetujuan bahwa data sudah benar, kemudian klik "Ajukan STR".

4. Pembayaran

Selanjutnya data akan dikirim ke aplikasi KKI dan KTKI untuk diproses ke kode billing. Tarif penerbitan STR di SATUSEHAT SDMK adalah sebagai berikut :

  • Tarif STR seumur hidup dokter/dokter gigi: Rp300.000
  • Tarif STR seumur hidup apoteker: Rp250.000
  • Tarif STR seumur hidup tenaga kesehatan lainnya: Rp100.000.

Lakukan pembayaran biaya pengajuan STR melalui metode pembayaran yang disediakan. SATUSEHAT biasanya menyediakan berbagai opsi pembayaran, termasuk transfer bank, kartu kredit, dan pembayaran digital.

Setelah pembayaran berhasil, tim verifikasi SATUSEHAT akan memeriksa dokumen-dokumen yang Anda unggah. Proses ini biasanya berlangsung dalam waktu singkat.

5. Cek Status Pengajuan STR

Pantau progress permohonan STR pada menu “Pengajuan STR” di dashboard Anda. Penerbitan STR memerlukan waktu maksimal 15 (lima belas) hari kerja setelah pengajuan penerbitan STR melalui SATUSEHAT SDMK. Jika semua dokumen valid, Anda akan menerima notifikasi bahwa pengajuan STR Anda telah disetujui. SATUSEHAT akan mengirimkan STR seumur hidup Anda melalui email atau dapat diunduh langsung dari akun Anda SATUSEHAT SDMK.

Keuntungan Menggunakan SATUSEHAT

  • Efisiensi Proses: SATUSEHAT mempersingkat waktu proses pengajuan STR, membuatnya lebih efisien dan cepat.
  • Kemudahan Akses: Dapat diakses kapan saja dan di mana saja, memungkinkan Anda untuk mengurus STR tanpa harus datang ke kantor secara fisik.
  • Pembaruan Online: Melalui akun SATUSEHAT, Anda dapat memperbarui informasi pribadi Anda dengan mudah dan cepat.

Kesimpulan

Dengan adanya platform SATUSEHAT, mendapatkan STR seumur hidup menjadi lebih mudah dan efisien. Proses digital ini tidak hanya menghemat waktu tetapi juga memberikan kemudahan akses bagi para profesional yang sibuk. Jadi, jika Anda ingin memperoleh STR tanpa ribet, SATUSEHAT SDMK adalah solusi terbaik untuk Anda.

Membutuhkan Rekam medis elektronik terintegrasi SATUSEHAT? Info lebih lanjut hubungi kami di :