Apa Itu SIM Klinik?
SIM Klinik adalah kependekan dari Sistem Informasi Manajemen Klinik, merupakan sebuah sistem yang menghubungkan keseluruhan bagian pengelolaan sebuah klinik. Sistem ini mampu membantu membuat pekerjaan administrasi dan aktivitas lainnya dalam sebuah klinik jadi lebih efektif dan efisien.
Dengan berbagai kemudahan yang ditawarkannya, aplikasi SIM Klinik mampu menarik lebih banyak pengguna untuk mengaplikasikan sistem ini.
Bagaimana SIM Klinik Mempermudah Pekerjaan di Klinik?
Melalui beberapa fitur yang diusungnya, penggunaan aplikasi yang berbasis Sistem Informasi Manajemen Klinik tentunya mampu mempermudah setiap pekerjaan di klinik dengan berbagai manfaat yang dimilikinya. Diantaranya adalah:
Dengan Mempermudah Pengelolaan Data Klinik
Software pengelola data klinik tentunya akan mempermudah Anda dalam mengelola data pasien, stok obat, alat kesehatan, dan semua aktivitas yang terjadi di klinik Anda. Selain itu segala sistem di klinik juga jadi lebih terintegrasi satu sama lain. Adanya software pengelola data klinik tentu saja mampu menggantikan sistem manual yang kurang efisien dan memiliki banyak keterbatasan.
Selain itu, sistem penginputan datanya juga sangat mudah dan cepat. Output yang dihasilkan pun beragam, tidak terbatas pada 1 jenis laporan saja. Jadi hanya dalam 1 kali input, sudah ada beberapa laporan yang dibuat berdasarkan inputan tersebut. Contoh, pembelian obat dan pemberian obat kepada pasien secara otomatis akan menambah atau mengurangi stok ketika datanya diinput.
Dengan begitu, para staf di klinik dapat menyelesaikan pekerjaan yang ada dengan lebih mudah dalam sekali jalan. Tidak ada lagi yang namanya double job, tidak seperti pekerjaan manual dimana Anda harus melakukan pekerjaan satu per satu. Berkurangnya intensitas pengulangan pekerjaan yang sama tentunya akan menunjang efisiensi kerja.
Meminimalisir Kesalahan Akibat Ketidakjelasan Alur Pekerjaan
Sistem yang terintegrasi dalam SIM Klinik mampu meminimalisir kesalahan yang dapat terjadi karena ketidakjelasan alur pekerjaan yang ada. Sistem Informasi Manajemen Klinik elektronik dapat menghubungkan seluruh bagian yang ada dalam klinik, seperti bagian pelayanan, apotek, gudang, backoffice, dan sebagainya.
Hanya dengan mengakses software tersebut, setiap bagian mampu memperoleh informasi yang mereka perlukan dengan lebih efisien dan cepat. Hal ini juga bisa meminimalisir kesalahan akibat miskomunikasi atau ketidakjelasan informasi.
Menghadirkan Sistem Administrasi yang Lebih Rapi
Alasan mengapa SIM Klinik mampu mempermudah setiap pekerjaan administrasi yang ada pada sebuah klinik adalah hasil pekerjaannya yang lebih rapi. Berbeda dari pekerjaan manual yang mungkin masih belum tertata dengan baik dan memiliki akses yang lebih terbatas.
Sistem Informasi Manajemen Klinik juga memudahkan setiap bagian untuk melakukan koreksi dan evaluasi apabila ada kesalahan dalam inputan. Setiap ada koreksi, laporan yang dikoreksi pun akan menyesuaikan secara otomatis.
Adanya Laporan Secara Realtime yang Dapat Diakses Kapanpun & Dimanapun
Sistem Informasi Manajemen Klinik mampu menyediakan kemudahan akses terhadap laporan dan seluruh informasi yang dibutuhkan. Laporan juga akan terus diperbaharui ketika ada perubahan tertentu.
Kemudahan pengolahan data, kemampuan meminimalisir kesalahan, menghadirkan sistem administrasi yang lebih efisien dan rapi, serta aksesnya yang mudah inilah yang menjadi alasan mengapa SIM Klinik mampu mempermudah setiap pekerjaan yang ada di klinik Anda.
Untuk informasi lebih lanjut, Anda bisa menghubungi kami di:
- Website: https://ehealth.co.id/
- Telp: +62 21 50858844
- Email: info@ehealth.co.id
Jadikan sistem operasional klinik Anda jadi jauh lebih efektif dengan Ehealth!