Perkembangan teknologi yang serba modern, praktis, dan cepat, membuat perubahan gaya hidup masyarakat menjadi ikut terpengaruh. Aktivitas yang awalnya harus sering tatap muka secara langsung, sekarang beralih ke online. Orang pun lebih banyak menghabiskan waktu di internet.

Tahukah Anda bahwa 61% pasien memanfaatkan internet untuk membantu mereka mencari dan memutuskan fasilitas layanan kesehatan yang akan mereka kunjungi?

Bagi Anda yang memiliki usaha di bidang pelayanan kesehatan seperti klinik, sudah saatnya Anda memasarkan klinik Anda secara online. Dengan begitu, klinik Anda akan semakin dikenal dan berkembang.

Lantas bagaimana agar klinik mudah ditemukan secara online?

1. Membuat Website Resmi Klinik

Klinik yang memiliki website, tidak hanya membuat klinik tersebut mudah ditemukan oleh para pasien, melainkan juga berperan sebagai image branding. Dengan adanya website, tingkat profesionalitas dan tingkat kepercayaan publik secara perlahan tapi pasti akan terus mengalami peningkatan. Dampaknya, klinik juga akan terus berkembang.

2. Optimasi Search Engine Optimization (SEO)

Optimasi SEO merupakan suatu teknik yang dilakukan dengan menargetkan kata kunci tertentu sehingga hasil pencarian yang diinginkan bisa muncul di halaman utama (page one) Google. Website yang mampu bertengger di page one Google secara otomatis akan lebih berpotensi meningkatkan pendapatan.

Misalnya saja Anda ingin menargetkan kata kunci “klinik Jakarta Pusat”. Maka jika berhasil, saat ada orang yang melakukan pencarian dengan kata kunci tersebut, website klinik Anda pun akan muncul di halaman utama Google.

3.Membuat Mobile App Resmi Klinik

Selain website yang merupakan identitas resmi dan berperan sebagai company profile, dukungan sistem berbasis mobile app juga turut berpengaruh. Apalagi saat ini aktivitas mobile dianggap paling favorit. Jadi, mengembangkan mobile app resmi klinik bisa jadi pilihan agar lebih dikenal.

Pasien bisa mendaftar untuk konsultasi, melihat daftar dan jadwal praktek, meminta resep obat, dan aktivitas lainnya hanya dengan sentuhan jari saja. Pelayanan klinik yang menawarkan kemudahan tentu juga akan semakin dilirik.

4. Membuat Akun Media Sosial Resmi Klinik

Untuk mendukung kemudahan pencarian klinik sehingga semakin banyak orang mengakses website dan mendownload mobile app resmi klinik, pengelolaan akun media sosial resmi dengan penerapan digital marketing sangat dibutuhkan. Apalagi melihat kebiasaan masyarakat Indonesia yang menghabiskan hari–harinya dengan scroll media sosial, tentu akan menciptakan peluang yang lebih besar untuk memperkenalkan klinik Anda kepada masyarakat.

5. Memastikan Klinik Terdata di Google Maps

Tidak jarang, masyarakat mencari lokasi dengan memanfaatkan keberadaan aplikasi Google Maps. Untuk itu, agar klinik Anda lebih mudah ditemukan secara online, buatkan akun Google Maps khusus klinik dan jangan lupa minta pasien Anda me-review layanan klinik Anda di Google Maps.

6. Pasang Iklan Melalui Google Ads & Media Sosial

Memasang iklan dianggap sebagai cara cepat untuk membuat klinik semakin dikenal. Teknik ini termasuk dalam kategori Search Engine Marketing (SEM), dimana saat ada orang yang melakukan pencarian di Google dengan kata kunci tertentu, website klinik Anda akan muncul di page one, namun dengan label iklan (Ads).

7. Integrasikan Semua Media yang Digunakan

Terakhir, integrasikan website, mobile app, dan media sosial klinik Anda sehingga pengalaman online yang didapatkan oleh masyarakat lebih terasa. Tujuannya adalah untuk meningkatkan brand awareness klinik Anda.

Itulah 7 langkah yang dapat anda terapkan agar klinik Anda lebih mudah ditemukan secara online. Ketika klinik Anda sudah lebih berkembang dengan bantuan online marketing, Anda akan sangat membutuhkan sistem klinik terintegrasi seperti ehealth.co.id untuk mempermudah pekerjaan staf dan tenaga kesehatan.

Selamat berjuang untuk perkembangan klinik Anda!

Untuk informasi lebih lanjut, Anda bisa menghubungi kami di:

Jadikan sistem operasional klinik Anda jadi jauh lebih efektif dengan Ehealth!