Berbagai layanan kesehatan di Indonesia sebagian besar sudah bermigrasi menggunakan rekam medis elektronik. Mulai rekam medis untuk rumah sakit, fasilitas kesehatan, klinik, hingga praktek dokter mandiri.

Migrasi dari rekam medis konvensional ke sistem digital membawa dampak positif yang begitu signifikan bagi fasilitas layanan kesehatan, salah satunya adalah klinik gigi. Baik pemilik usaha, dokter, staf klinik, hingga pasien bisa merasakan langsung berbagai kemudahan dan kepraktisan yang ditawarkan.

Lantas manfaat apa saja yang bisa didapatkan klinik gigi jika menggunakan rekam medis elektronik?

Manfaat Lengkap Rekam Medis Elektronik untuk Klinik Gigi

Penerapan rekam medis elektronik tidak hanya bisa diterapkan pada ruang lingkup rumah sakit yang mempunyai skala lebih besar. Klinik yang lebih kecil juga bisa menerapkan sistem yang sama untuk membantu perkembangan klinik tersebut.

Berikut kami rangkum beberapa manfaat lengkap implementasi rekam medis elektronik untuk klinik gigi :

1. Manfaat Untuk Klinik

  • Bisa Membantu Menghemat Ruang

    Dari segi ruang, penggunaan sistem berbasis digital pada klinik tentu akan membantu menghemat ruang. Klinik gigi tak lagi harus menyiapkan ruang khusus untuk menyimpan arsip dan data rekam medis para pasien. Gudang penyimpanan berkas yang seringkali membuat pusing para petugas kesehatan dan berisiko tinggi terjadi kerusakan hingga kehilangan, kini bisa digantikan dengan satu sistem saja.

  • Menghemat Anggaran Biaya Operasional

    Dengan menyimpan semua data secara digital, anggaran biaya operasional dapat dihemat. Klinik gigi tidak perlu lagi menyiapkan ruang khusus, belanja alat tulis, menyediakan kertas, menyediakan rak penyimpanan dan kebutuhan lainnya, sehingga bisa dialokasikan untuk kebutuhan lain.

  • Pengelolaan Data Pasien Gigi Jadi Lebih Mudah

    Data pasien yang sudah terkomputerisasi dengan baik bisa dikumpulkan, diolah, dan dianalisis lebih lanjut untuk pengembangan klinik gigi. Ehealth.co.id bahkan dilengkapi dengan odontogram yang mempermudah dokter gigi untuk menginput data tindakan yang diberikan kepada pasien.

  • Membantu Meminimalisir Kesalahan

    Pencatatan data secara manual mempunyai risiko kesalahan yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan memanfaatkan sistem elektronik. Sistem elektronik memiliki format yang mudah dipahami dan terintegrasi sehingga data saling terhubung satu sama lain dan dapat terhindar dari kesalahan yang dapat terjadi di sistem manual.

  • Sebagai Tolok Ukur Standar Pelayanan

    Data yang sudah tersistemasi dengan baik melalui perangkat digital bisa dijadikan tolok ukur klinik gigi untuk mengetahui seberapa baik kualitas pelayanan yang telah diberikan kepada para pasien. Dari waktu ke waktu, berdasarkan sistem yang ada, klinik gigi bisa terus memperbaiki hal–hal yang dirasa kurang sehingga mampu menciptakan kualitas pelayanan yang lebih baik lagi.

  • Dapat Diintegrasikan dengan Klinik Cabang

    Klinik Anda memiliki cabang di berbagai wilayah? Dengan menggunakan sistem elektronik, klinik gigi bisa mengintegrasikan seluruh cabang klinik. Manajemen klinik pun dapat mengontrol seluruh klinik dari jarak jauh.

2. Manfaat untuk Pasien

  • Mencegah Adanya Double Data

    Sistem yang sudah terkomputerisasi bisa mengatur sedemikian rupa agar tidak ada data rangkap yang tersimpan. Misalnya saja pasien A sudah terdaftar di sistem, maka saat suatu hari dia lupa dan ingin daftar ulang, datanya sudah teridentifikasi di sistem. Inilah peran sistem dalam membantu mencegah adanya data ganda. Coba bayangkan jika proses pendaftaran dilakukan secara manual, saat data hilang atau pasien lupa, petugas klinik bisa dengan mudah membuat daftar baru yang memicu terjadinya data rangkap.

  • Proses Pelayanan Bisa Lebih Baik & Lebih Cepat

    Dengan adanya sistem elektronik, pasien tak harus membuang waktu saat antre pendaftaran. Rekam medis pasien tidak membutuhkan banyak waktu untuk dicari. Pasien juga bisa melakukan reservasi klinik secara online dan datang ke klinik mendekati waktu yang sudah dijadwalkan.

  • Keamanan Data Pasien Lebih Terjamin

    Penggunaan kertas yang bisa saja hilang, menciptakan peluang penyalahgunaan data. Dengan menggunakan sistem elektronik, masalah seperti itu tidak akan mungkin terjadi.

Untuk informasi lebih lanjut, Anda bisa menghubungi kami di:

Jadikan sistem operasional klinik gigi Anda jadi jauh lebih efektif dengan Ehealth!