Banyak sektor bisnis saat ini mengandalkan pelayanan perangkat lunak (SaaS) untuk meningkatkan proses kinerja mereka, membuat intranet yang aman, meningkatkan efisiensinya, dan banyak lagi. Namun, bukan hanya bisnis saja yang dapat memperoleh keuntungan dari penggunaan SaaS tapi masih banyak sektor lainnya yang mendapatkan keuntungan dari SaaS ini.

Berdasarkan sebuah informasi yang dikutip dari sebuah jurnal ilmiah tingkat adopsi SaaS dalam industri perawatan kesehatan tumbuh sebesar 20% per tahun, dengan prediksi bahwa pasar komputasi awan dalam perawatan kesehatan akan mencapai \$ 51,9 miliar pada tahun 2024.

Ini menimbulkan pertanyaan mengapa layanan ini tiba-tiba menjadi prioritas utama di banyak institusi medis.

Jawabannya mungkin tidak sesederhana yang diyakini banyak orang, karena ini bukan hanya masalah kenyamanan yang sederhana.

Saat ini, penyedia SaaS menawarkan banyak layanan dan manfaat dalam industri perawatan kesehatan. Mereka memfasilitasi kolaborasi yang lebih mudah, memungkinkan penggunaan sistem manajemen pembelajaran untuk pelatihan perawatan kesehatan, meningkatkan hasil perawatan pasien, dan banyak lagi.

Dikutip dari sebuah sumber, pasar telemedicine AS diperkirakan bernilai lebih dari \$ 64 miliar pada tahun 2025. Pasar sedang mengalami pertumbuhan eksponensial dan tidak menunjukkan tanda-tanda yang melambat.

Munculnya telemedicine memungkinkan pasien dari seluruh dunia untuk menerima perawatan dan pengobatan yang sama. Misalnya, mereka yang tinggal di pedesaan dapat terhubung dengan dokter dengan lebih efisien.

Teknologi di balik SaaS memungkinkan institusi medis dan pasien untuk memanfaatkan perangkat lunak dan perangkat keras telemedicine yang canggih.

Kolaborasi Lebih Mudah Antar Tenaga Medis Professional

Institusi medis dengan sistem yang tepat dapat meningkatkan kolaborasi antara berbagai departemen dan membuat sebagian besar proses lebih cepat.

Staf medis tidak harus pergi dari departemen ke departemen, mengumpulkan hasil lab, tes, meminta pendapat kedua, di antara pekerjaan rutin mereka.

Pentingnya Transparansi Informasi Medis

Jika sebuah badan kesehatan ingin meningkatkan hasil perawatan pasien dan memastikan kualitas perawatan kesehatan yang lebih baik, fokus pada transparansi adalah hal yang sangat penting.

Dokter dan profesional medis perlu memiliki wawasan yang jelas tentang riwayat kesehatan lengkap setiap pasien untuk memberikan perawatan yang lebih baik.

Untungnya, dengan munculnya SaaS dan rekam medis elektronik, kami telah melihat peningkatan yang jelas dalam sebuah transparansi informasi medis.

Berdasarkan Health Information Technology lebih dari 64% dokter memiliki catatan kesehatan elektronik yang dapat mereka akses untuk informasi lebih lanjut tentang pasien mereka. Tren ini sedang meningkat, dan kami berharap dapat melihat lebih banyak institusi medis yang menawarkan rekam elektronik kepada pasien mereka.

Semua ini tidak akan mungkin terjadi tanpa adanya pengembangan solusi teknologi baru dan munculnya SaaS di industri perawatan kesehatan.

Perangkat Lunak LMS Perawatan Kesehatan Memungkinkan Pelatihan yang Berkelanjutan

Staf medis pada fasilitas medis mana pun diharapkan bisa terus belajar dan meningkatkan keahliannnya sepanjang kariernya. Oleh karena itu mengapa izin medis perlu diperbarui setiap beberapa tahun dan mengapa dokter dan perawat direkomendasikan untuk sering mengikuti kursus pelatihan dan seminar.

Jadwal sibuk para profesional medis dapat menghambat pembelajaran mereka, sehingga diperlukan solusi baru yang dapat menyederhanakan proses ini.

Salah satu solusinya adalah sistem manajemen pembelajaran untuk pelatihan kesehatan. LMS adalah solusi perangkat lunak yang memungkinkan pengguna untuk belajar, mengikuti tes, dan meningkatkan pengetahuan mereka dengan cara yang inovatif.

Daripada harus menghadiri seminar pada tempat yang jauh dan membutuhkan waktu berjam - jam, dokter dan perawat dapat meningkatkan pengetahuan mereka dan memiliki pelatihan berkelanjutan melalui PC atau perangkat seluler mereka.

Industri perawatan kesehatan adalah salah satu pengguna teratas solusi perangkat lunak LMS, dan jenis pembelajaran elektronik ini hanya dapat dilakukan melalui penggunaan SaaS.

Keamanan Data yang Ditingkatkan Dengan SaaS

Karena institusi medis saat ini menyimpan lebih banyak informasi tentang pasien dan staf mereka daripada sebelumnya, sangat penting untuk menjaga keamanan informasi ini.

Siapapun yang memiliki akses ke data pribadi sensitif tersebut bertanggung jawab untuk mengamankannya dan memastikan bahwa tidak ada kebocoran atau pelanggaran data.

Ini membutuhkan tim TI berpengalaman yang akan menjaga semua sistem tetap aktif dan berjalan sambil menghilangkan semua celah keamanan dan kerentanan.

Memiliki departemen TI internal seringkali tidak memungkinkan bagi lembaga medis dengan anggaran terbatas, jadi menggunakan SaaS adalah suatu keharusan.

Dengan platform SaaS yang andal, institusi medis mendapatkan akses ke solusi teknologi terbaru yang bertujuan untuk meningkatkan keamanan data tanpa mengurangi anggaran mereka.

Source:

https://www.goodfirms.co/blog/healthcare-saas-in-medical-industry